Bandwidth,ISP dan FTP

Assalamualaikum wr.wb postingan kali ini tentang bandwidth  selanjutnya tertera di bawah ini.

Lebar Pita (bahasa Inggris: bandwidth) dalam teknologi komunikasi adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu. Sebagai contoh, line telepon memiliki bandwidth 3000 Hz (Hertz), yang merupakan rentang antara frekuensi tertinggi (3300 Hz) dan frekuensi terendah (300 Hz) yang dapat dilewati oleh line telepon ini.

A.Pengertian
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz.
Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu computer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Perhatikan bahwa bandwidth yang tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik, dll, adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam satuan hertz (makna asli dari istilah tersebut) yang lebih tepat ditulis bitrate daripada bits per second.
Dalam dunia web hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebarpita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu periode tertentu. Contohnya 5 GB per bulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh seluruh klien adalah 5 GB, jika bandwidth habis maka website tidak dapat dibuka sampai dengan bulan baru. Semakin banyak fitur di dalam website seperti gambar, video, suara, dan lainnya, maka semakin banyak bandwidth yang akan terpakai.

Bandwidth disebut juga (Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda.
Contoh: Ketika anda menerima/mengirim email, asumsikan besarnya email yang diterima/dikirim adalah 4 KB, berarti secara teori, untuk bandwidth 1.000 MB (1.000.000 KB) anda bisa *kirim* 250.000 email atau berbagai variasi antara kirim/terima, misalnya 100.000 kirim, 150.000 terima. Ini hanya contoh untuk penjelasan bandwidth, pada kenyataannya, data yang keluar masuk ke account bisa datang dari pengunjung (yang mendownload halaman website ke PC-nya), atau anda upload gambar/file ke account dan sebagainya.
Bandwidth/Site Traffic dihitung per bulan & bisa dilihat di cPanel.
Jika anda mengenal Telkom Speedy, Bandwidth ini cara kerjanya sama dengan Kuota di Telkom Speedy. Hanya saja yang menjadi acuan bagi perhitungan kuota Telkom Speedy adalah data yang keluar/masuk ke PC/Modem ADSL anda, sedangkan di hosting acuannya adalah data yang keluar/masuk ke account.

ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom. Pada saat ini perkembangan teknologi ISP itu tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Seperti di Bali, denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyak tumbuh. Sebagian besar ISP memerlukan upstream. Upstream itu adalah istilah dari penyedia koneksi dari ISP tersebut. Jadi ISP juga berlangganan dengan ISP yang lain. ISP yang tidak memiliki upstream disebut Tier1, tier1 hanya memiliki pelanggan dan interkoneksi, Channel-11 akan menjadi Tier1 pada saat mati. Hanya ada 9 ISP yang tergolong Tier 1 di dunia ini,dan ternyata teknologi ISP ini adalah teknologi yang sangat murah.

FTP atau File Transfer Protocol adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antarmesin dalam sebuah framework. FTP merupakan salah satu prtokol internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan download, dan upload berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server Ftp. Sebuah klien FTP merupakan aplikasi yang dapat meneluarkan perintah-perintah FTPke sebuah server fTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service adatu daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah darisebuah klien FTP.
sumber : http://www.daishz.com/2009/01/ftp-adalah.html
Bandwidth adalah kecepatan transmisi data dalam satuan bit per detik. Semakin besar bandwidth maka semakin cepat transmisi datanya. Contoh untuk komunikasi data dengan jaringan Ethernet mempunyai kecepatan 10-100 Mbps, modem telepon mempunyai beberapa jenis dengan kecepatan transmisi mulai dari 14,4 Kbps-56 Kbps, leased line, microwave radio, satellite dapat mempunyai kecepatan transmisi yang lebih besar lagi, misalnya Universitas Gunadarma menggunakan leased line dengan bandwidth 2 Mbps. Dengan perkataan lain, semakin besar bandwidth, maka semakin cepat transmisi data yang dapat dilakukan antara kedua lokasi komputer tersebut. Perlu diingat, bahwa semakin besar bandwidth, maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan, karena tariff sewa bandwidth tidak bisa dibilang murah. Sebagai gambaran paling sederhana adalah jika kita menggunakan saluran telepon sebagai media komunikasi, maka bandwidth yang mungkin adalah sebesar bandwidth modem yang digunakan, tarif biaya sewanya adalah sama dengan tariff menggunakan telepon lokal selama waktu yang digunakan untuk koneksi.
– ISP (Internet Service Provider)
Internet Service Provider adalah suatu perusahaan atau badan baik pemerintah maupun swasta yang dapat memberikan fasilitas layanan koneksi ke jaringan internet bagi jaringan yang terhubung kepadanya. ISP yang ada pada saat ini dapat berupa ISP yang bersifat tertutup dan ISP yang bersifat umum. ISP yang bersifat tertutup adalah lembaga atau badan yang hanya melayani atau dapat memberikan fasilitas jaringan Internet kepada jaringan lokal dari lembaga atau badan tsb. Contohnya terdapat beberapa departemen pemerintahan, lembaga penelitian, perusahaan, ataupun lembaga pendidikan. Pemakai dan komputer yang terhubung ke ISP ini biasanya terbatas. Sedangkan ISP yang bersifat umum adalah lembaga yang dapat memberikan layanan kepada masyarakat luas baik pribadi maupun lembaga yang ingin terkoneksi dengan jaringan Internet. ISP ini bersifat komersial, yaitu menjual jasa layanan koneksi dengan jaringan Internet. Saat ini telah cukup banyak ISP seperti ini, contohnya adalah CBNNet, IndosatNet, RedNet, D-Net, TelkomNet, WasantaraNet, LinkNet dan sebagainya.
–  FTP (File Transfer Protocol)
FTP (file transfer protocol) adalah sebuah protokol internet yang biasanya digunakan untuk pertukaran file antar komputer maupun melalui internet. Seperti halnya HTTP yang menampilkan halaman website dan file-file terkait, FTP menggunakan protocol TCP/ IP untuk melakukan koneksi ke komputer atau web server. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP. Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

B.Latar belakang 
agar tahu pengertian bandwidth yang biasa kita gunakan untuk  dalam setting mikrotik untuk membagi lebar jalur internet.

C.maksud dan tujuan 
mengerti bandwidth,ISP,FTP,dan penjelasannya
D.Referensi
Waalaikumsaalam wr.wb.


EmoticonEmoticon

Páginas vistas en total

Páginas

BTemplates.com