A.pengertian
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).
SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam
kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari
setiap aspek.
B.latar belakang
Latar belakang saya membuat tulisan ini agar memudahkan kita untuk membuat
metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan
(strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan
ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
C.maksud dan tujuan
agar memudahkan kita dalam metode perencanaan dalam suatu proyek atau bisnis.
D.pembahasan
Ini
melibatkan menentukan tujuan dari usaha bisnis atau proyek dan
mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menguntungkan dan
tidak menguntungkan untuk mencapai tujuan itu. Beberapa penulis kredit SWOT untuk Albert Humphrey , yang memimpin sebuah konvensi di Stanford Research Institute (sekarang SRI International ) pada tahun 1960 dan 1970-an dengan menggunakan data dari Fortune 500 perusahaan.
a. Strenght (S)
Yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun
kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan
pada saat ini. Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah
setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan
kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan
perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu
dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat
teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.
b. Weaknesses (W)
Yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun
kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan
pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah
perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam
kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
c. Opportunity (O)
Yaitu analisis peluang, situasi atau
kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan
dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini
adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu
perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan
atau masa yang akan datang.
d. Threats (T)
Yaitu analisis ancaman, cara
menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu
perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor
lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau
organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi,
ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang
bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.
Manfaat analisis SWOT
Metode analisis SWOT bisa dianggap
sebagai metode analisis yang paling dasar, yang bermanfaat untuk
melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang
berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi
untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi
peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari
ancaman. Jika digunakan dengan benar, analisis ini akan membantu untuk
melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Dari
pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang
bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis ini berperan
sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu
perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan
harus dihadapi.
E.kesimpulan
dengan menggunakan analisis SWOT Bisa memudahkan kita dalam membuat perencanaan.
F.referensi
EmoticonEmoticon