Konfigurasi Debian Router

A.pengertian
Router adalah perangkat jaringan yang meneruskan paket data antara jaringan komputer . Router melakukan lalu lintas mengarahkan fungsi pada Internet . Sebuah paket data biasanya diteruskan dari satu router ke router lain melalui jaringan yang merupakan internetwork hingga mencapai node tujuan.Sebuah router terhubung ke dua atau lebih baris data dari jaringan yang berbeda. Ketika paket data masuk pada salah satu garis, router membaca informasi alamat dalam paket untuk menentukan tujuan akhir. Kemudian, dengan menggunakan informasi dalam nya tabel routing atau routing policy , mengarahkan paket ke jaringan berikutnya pada perjalanannya. Hal ini menciptakan sebuah internetwork overlay. Jenis yang paling akrab router rumah dan router kantor kecil yang hanya lulus paket IP antara komputer rumah dan internet. Contoh dari router akan menjadi pemilik kabel atau DSL router, yang menghubungkan ke internet melalui penyedia layanan Internet (ISP). Router lebih canggih, seperti router perusahaan, menghubungkan bisnis atau ISP jaringan besar hingga kuat router inti yang meneruskan data dengan kecepatan tinggi di sepanjang serat optik baris dari backbone Internet . Meskipun router biasanya didedikasikan perangkat keras, router berbasis software juga ada.

B.latar belakang
dengan memanfaatkan fitur-fitur pada debian sebagai router.

C.maksud dan tujuan
untuk mengetahui cara mengkonfigurasi debian router

D.alat dan bahan
  • pc yang sudah terinstall debian 
  •  client 
  • koneksi internet
E.jangka waktu pelaksanaan
 kurang lebih 50 menit untuk konfigurasi debian router.

F.tahap pelaksanaan
1. kita setting ip setiap interfacenya
#nano /etc/network/interfaces
 
2.silakan isi ip di setiap ethernetnya, lalu kamu save ctrl+x tekan y 


3.selanjutnya kamu ketikan perintah 
#nano /etc/sysctl.conf

4.setelah itu kamu cari dan ubah 
net.ipv4.ip_forward = 0 (0 diubah sesuai dengan interface yang kita gunakan , disini router saya memiliki 3 ethernet ,dan pada router membacanya eth0 ,eth1 ,dan eth2 ,isikan angka dari eth yang terakhir)

 

5.lalu ketikan perintah 
#nano /proc/sys/net/ipv4/ip_forward


6.lalu kamu edit isikan seperti yang diatas


7.kemudian kita ketikan perintah ip tables biar client bisa mendapat koneksi internet 
#iptables -t nat -A POSTROUTING -s 192.168.222.0/28 -j MASQUERADE


8.lalu kita cek ip tables nya sudah berjalan atau belum 
#iptables -t nat -L
 
9.silakan kamu coba pada komputer client sudah bisa konek ke internet atau belum.



G.kesimpulan
 jika client sudah bisa terkoneksi ke internet berarti konfigurasi debian router sudah berhasil tetapi jika belum terkoneksi berarti konfigurasi kamu masih ada yang salah . router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai penghalaan. Proses penghalaan terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari protokol tumpukan (stack protocol) tujuh-lapis OSI.

H.referensi


EmoticonEmoticon

Páginas vistas en total

Páginas

BTemplates.com