Pengertin ARP

Assalamualaikum wr.wb.,
selamat malam kawan , kali ini saya akan sedikit sharing mengenai ARP , apa itu ARP ?? yuk bacaa ...
A. Pengertian
Address Resolution Protocol (ARP) adalah telekomunikasi protokol yang digunakan untuk resolusi lapisan Internet alamat ke link layer alamat, fungsi penting dalam jaringan komputer . ARP didefinisikan oleh RFC 826 pada tahun 1982, adalah Internet Standard STD 37, dan juga nama dari program untuk memanipulasi alamat ini di sebagian besar sistem operasi .
B. Latar Belakang 
ARP digunakan untuk memetakan alamat jaringan (misalnya alamat IPv4 ) ke alamat fisik seperti alamat Ethernet (juga bernama alamat MAC). ARP telah dilaksanakan dengan banyak kombinasi jaringan dan lapisan data link teknologi, seperti IPv4 , Chaosnet , DECnet dan Xerox PARC Universal Packet (PUP) menggunakan IEEE 802 standar, FDDI , X.25 , Frame Relay dan Asynchronous Transfer Mode (ATM). IPv4 lebih IEEE 802.3 dan IEEE 802.11 adalah penggunaan yang paling umum.
C. Maksud & Tujuan 
 Mengerti dan Memahami pengertian ARP
 D. Materi 
ARP adalah sebuah protokol dalam TCP/IP Protocol Suite yang bertanggungjawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke dalam alamat Media Access Control (MAC Address). PRA didefinisikan di dalam RFC 826 pada tahun 1982.
Ketika sebuah aplikasi yang mendukung teknologi protokol jaringan TCP/IP mencoba untuk mengakses sebuah host TCP/IP dengan menggunakan alamat IP, maka alamat IP yang dimiliki oleh host yang dituju harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam MAC Address agar frame-frame data dapat diteruskan ke tujuan dan diletakkan di atas media transmisi (kabel, radio, atau cahaya), setelah diproses terlebih dahulu oleh Network Interface Card (NIC). Hal ini dikarenakan NIC beroperasi dalam lapisan fisik dan lapisan data-link pada tujuh lapis model referensi OSI dan menggunakan alamat fisik daripada menggunakan alamat logis (seperti halnya alamat IP atau nama NetBIOS) untuk melakukan komunikasi data dalam jaringan.
Jika memang alamat yang dituju berada di luar jaringan lokal, maka ARP akan mencoba untuk mendapatkan MAC address dari antarmuka router lokal yang menghubungkan jaringan lokal ke luar jaringan (di mana komputer yang dituju berada).
Address Resolution Protocol adalah protokol pemintaan dan balasan yang berjalan dengan cara dienkapsulasi oleh protokol baris. Protokol ini disampaikan dalam batas-batas jaringan tunggal, tidak pernah diarahkan pada node internetwork. Properti ini ditempatkan ARP ke dalam Link Layer dari Internet Protocol Suite, sedangkan di System Interconnect Model Terbuka (OSI), sering digambarkan sebagai yang berada antara Layer 2 dan 3, yang dienkapsulasi oleh protokol layer 2. Namun, ARP tidak dikembangkan dalam rangka OSI.


E. Kesimpulan 
Merupakan protokol penghubung antara layer 2data-link dan 3 network.ARP Table di router merupakan daftar host yang terhubung langsung berisi informasi pasangan mac address dan ip address.
F. Referensi
Materi MikroTik MTCNA-05-2012.pdf
sekian yang bisa saya sampaikan 
Wassalamualikum wr.wb., 



EmoticonEmoticon

Páginas vistas en total

Páginas

BTemplates.com