Konfigurasi Proxy Squid 3 di Debian Router

A.pengertian
server proxy adalah server yang (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara untuk permintaan dari klien mencari sumber daya dari server lain. Seorang klien terhubung ke server proxy, meminta beberapa layanan, seperti file, koneksi, halaman web, atau sumber daya lain yang tersedia dari server yang berbeda dan server proxy mengevaluasi permintaan sebagai cara untuk mempermudah dan mengontrol kompleksitas. Proxy diciptakan untuk menambah struktur dan enkapsulasi untuk sistem terdistribusi. Saat ini, kebanyakan proxy adalah proxy web, memfasilitasi akses ke konten di World Wide Web , menyediakan anonimitas dan dapat digunakan untuk memotong IP blocking alamat.berikut jenisnya:
  1. Proxy terbuka adalah server proxy forwarding yang dapat diakses oleh setiap pengguna Internet. Gordon Lyon memperkirakan ada "ratusan ribu" proxy terbuka di Internet.
  2. reverse proxy (atau pengganti) adalah server proxy yang muncul kepada klien menjadi server biasa. Permintaan akan diteruskan ke satu atau lebih proxy server yang menangani permintaan. 
Keamanan Sebuah proxy dapat menjaga struktur jaringan internal rahasia perusahaan dengan menggunakan terjemahan alamat jaringan , yang dapat membantu keamanan dari jaringan internal. Hal ini membuat permintaan dari mesin dan pengguna di jaringan lokal anonim. Proxy juga dapat dikombinasikan dengan firewall .Proxy tidak dikonfigurasi dapat memberikan akses ke jaringan dinyatakan terisolasi dari Internet.

Server proxy web Web proxy maju HTTP permintaan. Beberapa web proxy memungkinkan HTTP CONNECT untuk mengatur forwarding data sewenang-wenang melalui sambungan; biasanya ini hanya diperbolehkan untuk port 443 untuk memungkinkan penyampaian HTTPS lalu lintas.Contoh proxy server web termasuk Apache (dengan mod_proxy atau Lalu Lintas Server ), HAProxy , IIS dikonfigurasi sebagai proxy (misalnya, dengan Aplikasi Permintaan Routing), Nginx , Privoxy , Squid , Varnish (reverse proxy saja), WinGate , Ziproxy , Tinyproxy , RabbIT4 dan Polipo.
  
Proxy SOCKS juga meneruskan data yang sewenang-wenang setelah fase koneksi, dan mirip dengan HTTP CONNECT di web proxy.

transparent proxy adalah proxy yang tidak mengubah permintaan atau respon melampaui apa yang diperlukan untuk otentikasi proxy dan identifikasi. 
non-transparan proxy adalah proxy yang mengubah permintaan atau respon untuk memberikan beberapa layanan ditambahkan ke agen pengguna, seperti layanan kelompok penjelasan, jenis transformasi media, pengurangan protokol, atau anonimitas penyaringan.

tujuannya Mencegat proxy juga sering digunakan oleh ISP di beberapa negara untuk menghemat bandwidth hulu dan meningkatkan waktu respon pelanggan dengan caching. Hal ini lebih umum di negara-negara di mana bandwidth lebih terbatas (misalnya negara pulau) atau harus dibayar.
 
B.latar belakang
karena pada proxy server ada jenis dan fungsinya:
  1. Caching server proxy Sebuah server proxy caching dapat melayani permintaan dari klien, tanpa menghubungi server jauh; sebaliknya, ia akan mengirimkan data yang telah disimpan dari permintaan sebelumnya. 
  2. Web proxy Sebuah web proxy adalah server proxy yang berfokus pada lalu lintas selama World Wide Web.
  3. Anonymi server proxy Server proxy yang menghilangkan mengidentifikasi informasi dari permintaan klien, untuk tujuan anonimitas . Mereka juga dapat digunakan untuk menerobos isi disaring di internet.
  4. Paksa Proxy Sebuah server proxy dipaksa adalah server proxy yang menangani semua lalu lintas dari klien ke internet.
  5. SMTP Proxy Sebuah Transparan SMTP Proxy adalah server SMTP proxy yang dimasukkan dalam antara mail server pengirim dan server penerima email. Tujuan utama dari proxy SMTP adalah untuk menyaring spam outbound.
C.maksud dan tujuan
untuk mengetahui pengertian dan konfigurasi proxy di debian router 

D.alat dan bahan
  • pc debian router 
  • client 
  • koneksi internet
  • repository
E.jangka waktu pelaksanaan
waktu yang saya butuhkan kurang dari 10 menit.
 
F.tahap pelaksanaan
1.pertama masuk ke pc router sebagai super user
2.setelah itu kamu install package squid3 degan perintah  
#apt-get install squid3


3.selanjutnya kamu konfigurasi squid nya dengan perintah 
#nano /etc/squid3/squid.conf


4.tekan ctrl+w lalu cari http_port 3128
 

5.hilangkan tanda # lalu tambahkan transparent di belakangnya 

6.tekan ctrl+w dan cari cache_mem 32 MB


 
7.lalu tekan ctrl+w dan cari cache_mgr  ,
tambahkan cache_mgr webmaster untuk webmaster bisa kamu ubah email / nama kamu, fungsinya agar nanti ketika ada pesan error akan menampilkan nama kamu.



8. kemudian restart dengan perintah  
#/etc/init.d/squid3 restart 

G.kesimpulan 
Dengan mengkonfigurasi proxy maka seolah-olah akan menambah kecepatan internet padahal hanya proxy yang menyimpan cache , jadi ketika client melakukan permintaan terhadap situs tertentu yang sudah pernah dibuka maka tidak langsung ke internet melainkan tersimpan di cachenya proxy.

H.referensi


EmoticonEmoticon

Páginas vistas en total

Páginas

BTemplates.com